Manual Book Aplikasi E-Kinerja Salatiga


Tentang E-Kinerja

E-Kinerja merupakan aplikasi yang digunakan oleh Pemerintah Kota Salatiga dalam melakukan pengukuran kinerja pegawai. Aplikasi ini di tahap awal berupa aplikasi desktop yang hanya bisa diinstall di komputer dengan spesifikasi berikut:

Dasar hukum

Yang menjadi landasan hukum dilaksanakannya sistem pengukuran kinerja secara digital adalah:

Manfaat aplikasi E-Kinerja

Hubungan aplikasi ekinerja dengan TPP

aplikasi ekinerja adalah aplikasi yang memberikan output nilai aktivitas kinerja (AK) yang terdiri dari capaian aktivitas harian yang diakui dan kualitas mutu PNS dengan rasio 60:40. Data AK inilah yang akan digunakan sebagai salah satu parameter pembayaran TPP bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Salatiga.

Kajian Akademis

Kajian akademis dilaksanakan dalam rangka penyusunan pembobotan uraian tugas dan rincian tugas Jabatan Pelaksana dan Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kota Salatiga yang akan dijadikan dasar untuk penginputan aktivitas harian pegawai pada si-Aki

Sistem Penilaian Aktivitas Harian

Sistem penilaian aktivitas harian dilakukan secara berjenjang. Pejabat Pelaksana dan Fungsional melaporkan aktivitas hariannya, kemudian atasan langsung melakukan verifikasi kebenaran pekerjaan yang dilakukan, serta atasan dari atasan langsung melakukan validasi aktivitas.

Sasaran Kerja

Sasaran kerja adalah HAL YANG TERPISAH dengan penilaian aktivitas harian pegawai. Sasaran kerja diberikan dengan beberapa ketentuan berikut:

Tugas Tambahan

tugas tambahan dapat diberikan kepada bawahan ketika kondisi penataan pegawai di Lingkungan Pemerintah Kota Salatiga belum ideal antara struktur organisasi dengan kondisi eksisting pegawai yang ada.

setiap pejabat fungsional dan pelaksana dapat diberikan tugas tambahan berupa tugas pada jabatan pelaksana yang ada di Perangkat Daerahnya masing-masing.


Penjelasan Aplikasi

aplikasi desktop ini dapat diunduh di halaman web APLIKASI KINERJA.

Tampilan awal aplikasi / Halaman Informasi

tampilan awal aplikasi secara default menampilkan informasi terkait aplikasi ekinerja dan jadwalnya. sebelum melakukan login, menu yang tampil hanya informasi, kamus jabatan dan menu registrasi yang dapat diakses.

halaman informasi

keterangan gambar : halaman informasi


Kamus Jabatan

Halaman kamus jabatan digunakan untuk melakukan pengecekan data aktivitas yang ada di database, silahkan diperiksa untuk kelancaran input aktivitas dan kemudahan dalam perencanaan pelaksanaan pekerjaan.

halaman kamus jabatan

keterangan gambar : halaman kamus jabatan

halaman pilih nama jabatan pelaksana dan fungsional

keterangan gambar : halaman pilih nama jabatan pelaksana dan fungsional

halaman kamus jabatan fungsional

keterangan gambar : halaman kamus jabatan fungsional

halaman kamus jabatan manajerial

keterangan gambar : halaman kamus jabatan manajerial

halaman kamus aktivitas lainnya

keterangan gambar : halaman kamus aktivitas lainnya


Halaman login

untuk masuk aplikasi, silahkan klik menu login. jika belum memiliki hak akses, silahkan lakukan register dengan klik tombol register yang ada di bawah tombol login.

halaman login

keterangan gambar : form login


Halaman register

apabila belum memiliki hak akses, silahkan melakukan registrasi di halaman registrasi. Di halaman ini, user diminta memasukkan tiga data, yaitu NIP, golongan ruang, dan nama SKPD. Data yang digunakan adalah data Simpeg, pastikan data Simpeg anda sudah benar. jika ketiga data benar, proses registrasi dilanjutkan dan akan diminta memasukkan password.

halaman registrasi

keterangan gambar : form register


Halaman Dashboard

setelah masuk aplikasi, menu yang tampil akan berbeda tergantung hak akses, perbedaan fitur secara singkat dapat dijelasakan di tabel berikut:

tapi dari berbagai hak akses yang berbeda, semua akan menuju ke halaman dashboard dulu, yang divisualisasikan sebagai berikut:

halaman login

keterangan gambar : form dashboard

sesuai hak akses semua PNS, dihalaman dashboard ini tersedia dua tombol yaitu Sasaran kerja saya dan Aktivitas Harian Saya

di bawah dua tombol, ada satu panel yang dapat digunakan untuk memantau capaian aktivitas saya di sistem. ada lima progress bar yang tersedia, dengan keterangan bar yang paling penting adalah yang paling bawah (Progress bulanan diakui)


Halaman Sasaran Kerja

Sasaran kerja, digunakan untuk mencatat sasaran kerja (yang akan menjadi isian SKP), sasaran diisi di awal tahun dan diberikan penilaian oleh atasan di akhir tahun. sasaran kerja hanya diinput di bulan januari saja, penilaian direncanakan pada akhir desember sampai minggu pertama bulan januari tahun berikutnya.

catatan : sasaran kerja di sistem tidak terkait langsung dengan input aktivitas harian.

Halaman sasaran kerja sesuai ilustrasi berikut berisi data sasaran yang sudah diinput masing-masing PNS dan diverifikasi atasan. sasaran yang berwarna putih berarti belum diverifikasi, sasaran dengan warna Hijau berarti telah disetujui atasan, sedangkan sasaran berwarna Merah berarti ditolak atasan. untuk manambah, mengubah, dan menghapus dapat digunakan tombol yang tersedia dibawah tabel sasaran.

catatan : sasaran kerja yang sudah diverifikasi sudah tidak bisa diubah oleh bawahan.

halaman sasaran

keterangan gambar : form sasaran kerja

halaman sasaran

keterangan gambar : form tambah sasaran kerja


Halaman Aktivitas harian

Halaman aktivitas harian sesuai ilustrasi berikut berisi data aktivitas yang sudah diinput masing-masing PNS dan hasil verifikasi atasan. aktivitas yang berwarna putih berarti belum diverifikasi, aktivitas dengan warna Hijau berarti telah disetujui atasan, sedangkan aktivitas berwarna Merah berarti ditolak atasan. untuk manambah, mengubah, dan menghapus dapat digunakan tombol yang tersedia dibawah tabel aktivitas.

catatan : aktivitas kerja yang sudah diverifikasi sudah tidak bisa diubah oleh bawahan.

halaman aktivitas

keterangan gambar : form aktivitas harian

halaman tambah aktivitas

keterangan gambar : form tambah aktivitas

halaman tambah aktivitas

keterangan gambar : form pilih aktivitas


Halaman Atasan

jika login sebagai pejabat struktural (atau pejabat yang ditugasi dengan tugas sampiran sebagai pejabat struktural), maka akan muncul form bawahan yang berisi semua data bawahan sesuai data di simpeg. dengan tampilan sebagai berikut:

halaman tambah aktivitas

keterangan gambar : form data bawahan


Apabila bawahan diberikan tugas diluar tugas di jabatan utamanya, maka atasan wajib memberikan inputan tugas tambahan. Tugas tambahan dapat diberikan sesuai jenjang jabatannya maupun berbeda dengan jabatan utamanya. Tugas tambahan hanya dapat diberikan dari nama jabatan pelaksana saja.

halaman tambah aktivitas

keterangan gambar : form tugas tambahan bawahan


Halaman sasaran kerja bawahan berisi data sasaran yang sudah diinput masing-masing bawahan dan diverifikasi atasan. sasaran yang berwarna putih berarti belum diverifikasi, sasaran dengan warna Hijau berarti telah disetujui atasan, sedangkan sasaran berwarna Merah berarti ditolak atasan.

halaman tambah aktivitas

keterangan gambar : form review sasaran kerja bawahan


Halaman aktivitas harian bawahan berisi data aktivitas yang sudah diinput masing-masing bawahan dan diverifikasi atasan. aktivitas yang berwarna putih berarti belum diverifikasi, aktivitas dengan warna Hijau berarti telah disetujui atasan, sedangkan aktivitas berwarna Merah berarti ditolak atasan.

halaman tambah aktivitas

keterangan gambar : form review aktivitas kerja bawahan


Kualitas mutu adalah rata-rata dari penilaian atasan kepada bawahan secara obyektif terkait ketepatan pekerjaan dan kecepatan penyelesaian pekerjaan. Penilaian kualitas mutu hendaknya sesuai dengan capaian kinerja masing-masing bawahan dengan memperhatikan unsur-unsur obyektif lainnya.

halaman tambah aktivitas

keterangan gambar : form penilaian kualitas mutu



Roadmap

roadmap pengembangan aplikasi adalah sebagai berikut:


Tim Ekinerja Pemerintah Kota Salatiga © 2019